Seperti Apakah Kabinet Profesional Jokowi-JK?

Presiden dipilih Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan kabinetnya bakal terbagi dalam 18 menteri dari kelompok profesional serta 16 menteri dari profesional partai. Deputi tim transisi Anies Baswedan menuturkan, profesional yang disebut Jokowi yaitu orang dengan kompetensi yang relevan dengan tugasnya, mempunyai leadership yang kuat, mempunyai rekam jejak yang baik sepanjang berkarir, serta bersih dari permasalahan.

" Itu yang senantiasa digarisbawahi Pak Jokowi masalah profesional. Profesional yaitu orang yang betul-betul dapat menggerakkan apa yang telah dijanjikan oleh Pak Jokowi, " katanya di kantor transisi, Jalan Situbondo Nomer 10, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/9).

Selanjutnya, Anies memberikan, menteri profesional dapat datang dari dua sumber. Ada yang dari partai serta ada yang non partai. " Namun terus dua-duanya profesional, " kata Anies.

Seperti di ketahui, Jokowi sudah menginformasikan postur kabinet yang bakal dipakai di pemerintahannya yang akan datang. Jokowi menyebutkan, kabinetnya bakal terbagi dalam 34 kementerian dengan perincian 18 kementerian bakal di pimpin oleh kelompok profesional serta bekasnya dari partai.

" Kita putuskan jumlah kementerian ada 34, pembagiannya 18 profesional serta 16 profesional partai, " tutur Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Dipilih Juiceuf Kalla serta beberapa deputi tim transisi, Senin (15/9).

Presiden dipilih yang baru bakal dilantik pada 20 Oktober yang akan datang itu menuturkan, menteri dari kelompok profesional bakal diletakkan di kementerian strategis, salah satunya Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian ESDM, serta Kementerian Pertanian.