Perseteruan PPP Bikin Runcing Konflik DPR

Perseteruan internal PPP selalu meruncing. Bahkan juga, seteru kubu Romahurmuziy (Romi) dengan seniornya di partai berlambang kakbah, Suryadharma Ali (SDA) terbawa sampai ke parlemen. Perseteruan internal itu terlihat terang dalam rapat paripurna penetapan ketua komisi serta alat kelengkapan dewan (AKD) Sesudah kubu M Romahurmuziy (Romi) melakukan Muktamar VIII di Surabaya pada 12 Oktober 2014 lantas, saat ini, giliran kubu Suryadharma Ali (SDA) melakukan Muktamar di Jakarta.

Perseteruan PPP juga merubah perseteruan dua koalisi partai politik di DPR. Kubu M Romahurmuziy (Romi) pilih merapat ke gerbong KIH. Sesaat barisan Suryadharma Ali (SDA) terus dalam barisan KMP. Peneliti Komunitas Orang-orang Perduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mempunyai pandangan perihal posisi PPP dalam pusaran perseteruan pada dua koalisi di parlemen. Perseteruan internal PPP ini digunakan oleh dua koalisi di parlemen. Cuma jadi bancakan, " kata Lucius.

Menurut Lucius, posisi PPP juga sebagai partai penentu kemenangan salah satu koalisi di parlemen memanglah tak penting. Dengan 39 kursi di parlemen, tak jadikan partai berlambang kakbah ini jadi kemampuan yang betul-betul diperhitungkan. Kemampuan PPP juga tak terlampau banyak. Pada akhirnya dia cuma barang mainan untuk temani perseteruan pada KIH serta KMP di parlemen, " kata Lucius.

Dihubungi terpisah, Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mewanti-wanti supaya PPP selekasnya lakukan konsolidasi internal. Menurutnya, bila terus-terusan disibukkan dengan perseteruan pada SDA serta Romi, Ray memperkirakan PPP akan tidak dapat penuhi batas ambang parlemen pada pemilu yang akan datang. Bila dalam satu tahun ke depan PPP selalu bersitegang, tujuan 3, 5% parliamentary treshold tidak bakal tercukupi, " kata Ra