Presiden SBY Janji Perjuangkan Pilkada Langsung

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah melemparkan kekecewaannya pada DPR yang mengambil keputusan pilkada melalui DPRD di dalam kunjungannya ke Jepang serta berjanji bakal memperjuangkan pilkada segera.

" Saya tak sepakat dengan pandangan ini, kita terus pilih segera penentuan segera dengan kurangi ekses yang ada, saya selalu memperjuangkan pilkada segera, " tegas Presiden waktu mengemukakan pidato dalam pengukuhan Doktor Honoris Causa dari Kampus Ritsumeikan, Kyoto, Jepang, Senin (29/9).

Dalam peluang itu Presiden sempat juga menyinggung kekecewaannya atas ketentuan parlemen Indonesia dalam suatu langkah yang kontroversial mengambil keputusan untuk menyepakati RUU Pilkada. “Saya terasa kecewa parlemen Indonesia dengan langkah pro-kontra, hentikan penentuan segera untuk pemerintahan daerah, ” katanya.

Presiden dalam pidato pengukuhannya menyampaikan beberapa pertanyaan tentang apakah demokrasi dapat jalan bersamaan dengan perkembangan ekonomi, apakah demokrasi dapat jalan bersamaan dengan Islam serta beberapa pertanyaan lain yang ada dipikirannya waktu mengambil langkah jadi Presiden Indonesia pda 2004 mulai terjawab.

" Demokrasi kami selalu stabil serta makin masak. Tak ada titik balik dalam demokrasi kita serta tak pernah ada kudeta militer dalam politik Indonesia. Demokrasi juga mendorong Indonesia makin demokratis. Apakah demokrasi dapat memisahkan kita? Nyatanya jadi mempersatukan serta ekonomi kami selalu menguat, " tegasnya.