PDIP: Pilkada DPRD Justru Menguntungkan Kami

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengakui tak cemas pilkada lewat DPRD bakal menyingkirkan usaha mereka mencapai posisi kepala daerah. Karena, PDIP terasa mempunyai raihan nada penting di level DPRD propinsi ataupun kota/kabupaten untuk mengusung kepala daerah. " Malah itu (pilkada melalui DPRD) untungkan, " kata Wakil Sekretaris Jendral DPP PDIP, Achmad Basarah waktu dihubungi Republika, Senin (29/9).

Basarah menyanggah kritik mereka pada pilkada tak segera dikira juga sebagai kecemasan hilangnya peluang mencapai posisi kepala daerah. Mereka mengklaim telah mengkritik pilkada segera saat sebelum blok partai pengusung Jokowi-JK serta Prabowo-Hatta terbentuk. " PDIP mengusung pilkada segera itu jauh saat sebelum dibuat blok koalisi Prabowo atau Jokowi-JK, " kata pendiri Baitul Muslimin Indonesia ini

Basarah menyampaikan tak tertutup kemungkinan PDIP bangun hubungan kerja politik dengan partai pendukung Prabowo dalam mencapai posisi kepala daerah. Hal semacam ini menurut dia bisa saja karena tensi politik yang berlangsung di level nasional tak selama-lamanya searah dengan kenyataan politik di daerah. " Koalisi permanen di tingkat pusat belum pasti berlangsung di daerah, " tuturnya.

Anggota Komisi III DPR ini menyebutkan PDIP bakal terus berkelanjutan mensupport pilkada segera. Untuk PDIP ketekunan ini adalah pengejawantahan atas mandat demokrasi yang ada dalam konstitusi.

Kedaulatan paling tinggi ada di tangan rakyat. " Kami mau menerjemahkan semangat demokrasi Pancasila seperti Pasal 1 UUD 1945. Bukanlah karen terasa terganggu pada politik di daerah, " katanya.