Jokowi Masih 'Utak-Atik' Nama Kementerian

Presiden dipilih Joko Widodo (Jokowi) sudah menginformasikan postur kabinetnya yang bakal terbagi dalam 34 kementerian. Walau sekian, Jokowi masih tetap mengutak-atik nama kementeriannya itu.

" (34 Kementerian) telah final, cuma saja namanya yang belum sesuai sama, " katanya di kantor transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/9). Jokowi menuturkan, bakal ada penajaman nama pada kementerian sebagai prioritas program.

Salah satunya Kementerian Kelautan gagasannya bakal dirubah jadi Kementerian Maritim. Lalu, Kementerian Pertanian jadi Kementerian Agraria serta Kementerian Pekerjaan Umum jadi Kementerian Infrastruktur. Walau sekian, beberapa nama itu baru sebatas pilihan.

" Ini kan telah diumumkan, kita mau supaya ada ruangan partisipasi umum untuk memberi input. Oleh karenanya belum finalkan, " katanya. Umum, kata Jokowi, dapat berikan input tentang kabinet lewat beragam langkah. Baik lewat media sosial ataupun mengirim surat ke tim transisi.

Bicara terpisah, Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto menyampaikan, Jokowi masih tetap bakal berdiskusi dengan beberapa tokoh untuk memantapkan beberapa nama di kementeriannya.

" Pak Jokowi-JK mau kerjakan pendalaman dengan bicara ke sebagian tokoh supaya meyakini 34 kementrian denga strukturnya itu betul-betul dibutuhkan, baik dengan cara kelembagaan pemerintah serta pertimbangan politik, " kata Andi.