Bursa Menteri, Ali Maschan Dekati Jusuf Kalla

Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Ali Maschan Moesa menyebutkan siap apabila di beri tanggung jawab juga sebagai menteri dalam pemerintahan baru kelak. Maschan kerap bersua dengan pasangan calon presiden dipilih Joko Widodo-Jusuf Kalla. " Bila dengan Pak Jokowi kenal umum. Bila dengan Pak JK kenal akrab, " jawab Maschan, Senin, 15 September 2014.

Sebagian elite PKB santer diisukan berebut kursi menteri dalam pemerintahan Jokowi-JK. Terkecuali Maschan, mencuat juga nama Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB Marwan Ja'far serta Sekretaris Jenderal PKB Imam Nachrawi. Nama Maschan disodorkan oleh Salahuddin Wahid, adik bekas mantan presiden Abdurrahman Wahid, juga sebagai Menteri Agama.

Maschan menyampaikan lebih akrab dengan Juiceuf Kalla di banding Jokowi karena keduanya sama warga Nahdliyin. Wakil presiden dipilih itu kerap menolong apabila Pengurus Lokasi Nahdlatul Ulama Jawa Timur mengadakan aktivitas. Maschan yaitu tokoh NU dari daerah itu. Tetapi, Maschan menyanggah melobi Jokowi ataupun JK untuk menempati kursi menteri. Terlebih pertemuannya sering berjalan di acara-acara resmi. " Tak ada perbincangan masalah menteri, " katanya.

Masalah Kementerian Agama, Maschan menyebutkan telah mempunyai ide untuk memimpin instansi negara itu. Menurutnya, lembaga itu mesti mencerminkan instansi untuk seluruhnya agama. Kementerian juga tidak cuma konsentrasi pada kerukunan antar-umat, namun hingga pada kerja sama antar pemeluk. " Apapun agamanya, butuh komunitas untuk duduk berbarengan, bekerja bersama merampungkan permasalahan kenegaraan seperti kemiskinan, pendidikan, serta kesehatan, " kata Maschan.