Ketua KPK Lebih Setuju Pilkada Langsung

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menilainya baiknya pilkada terus dikerjakan dengan cara segera, lantaran kedaulatan itu ada pada rakyat. " Saya butuh menggaris bawahi bila lihat demokrasi itu kembali pada rakyat, lantaran kedaulatan itu ada pada rakyat. Oleh karena itu saya lihat tambah baik Pilkada itu dikerjakan seperti saat ini, " kata Ketua KPK Abraham Samad selesai jadi pembicara di Rakornas Komisi Info (KI) se-Indonesia di Mataram, Jumat.

Menurut dia, pilkada baik dikerjakan dengan cara segera ataupun diambil lewat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) keduanya sama mempunyai efek. Tetapi, walau sekian, Abraham Samad lebih pilih bila pilkada terus diambil dengan cara segera oleh rakyat. " Bila saya terus diambil dengan cara segera oleh rakyat, tak perlu lagi dikembalikan ke DPRD, " katanya.

Walau demikian lebih utama dari itu seluruhnya lebih Samad, bagaimanakah tinggal ketentuan atau mekanisme dalam pemeilihan kepala daerah dengan cara segera itu yang butuh diperbaiki, hingga tak ada lagi seperti money politik. " Itu harusnya yang butuh dikawal, tinggal saat ini potensi ada kecurangan itu yang butuh dipantau dengan cara ketat, " tegas pria kelahiran Sulawesi itu.

Karenanya, ia beryakinan walau kajian rancangan undang-undang pilkada di DPR masih tetap selalu jalan, pilkada bakal terus dikerjakan dengan cara segera. " Saya meyakini 100 % pemeilihan kepala daerah bakal terus jalan seperti saat ini, " Abraham Samad.